Pages

Wednesday, October 12, 2011

[REVIEW] Sophie’s World by Jostein Gaarder

It’s not a silly question if you can’t answer it
[Jostein Gaarder, penulis buku Sophie’s World asal Norwegia]

Buku yang ditulis pada tahun 1991 dan masuk ke Indonesia tahun 1996 dan menurut penulisnya telah diterjemahkan ke dalam 60 bahasa merupakan buku best seller dunia mengalahkan The Celestine of Prophecy-nya James Redfield.

buku ini menceritakan tentang sejarah filsafat ini adalah jadilah seorang filosof sejati dengan selalu mempunyai rasa keinginan tahu yang besar, seperti halnya balita yang mempunyai keinginan tahu yang besar. Setelah dewasa biasanya manusia suka merasa segala sesuatu itu sudah semestinya seperti itu.


Jostein menulis bukan karena ingin menyampaikan pesan kepada para pembaca, namun dimulai karena pertanyaan-pertanyaannya tentang keanehan-keanehan yang ada di dunia ini. Hobi berpikirnya ini dimulai pada usia 11 tahun. Ia suka terkejut dengan pertanyaan aneh yang memenuhi otaknya. Ia merasa dirinya sebagai bagian dari misteri besar. Lalu ia tanyakan pertanyaan-pertanyaannya pada para orang dewasa, namun jawaban mereka adalah selalu “tidak ada yang aneh”. Karena jawaban yang tidak menjawab dari para orang dewasa itu maka Jostein kecil jadi tidak ingin menjadi orang dewasa.

Mr. Gaarder juga menceritakan mengapa tokoh dalam novelnya adalah anak perempuan bernama Sophie, karena Sophie dalam bahasa Yunani berarti kebijaksanaan. Filsafat merupakan upaya untuk mencari kebijaksanaan. Dalam mitologi Yunani pun ada dewi bernama Athena yang merupakan dewi kebijaksanaan. Perempuan menurutnya memang memiliki kebijaksanaan daripada laki-laki karena laki-laki biasanya selalu ingin banyak dimengerti. Lantas ada pertanyaan, kalau perempuan lebih bijaksana dari laki-laki tapi mengapa para filsuf kebanyakan laki-laki? Jawabannya adalah karena dulu perempuan tidak diperbolehkan banyak belajar.

Sumber :
http://filsafat.kompasiana.com/2011/10/11/jumpa-lebih-dekat-dengan-penulis-dunia-sophie/

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...